Jumat, 18 Juli 2014

5 Wisata Kuliner di Jogja yang Wajib Anda Kunjungi

Hallo para wisatawan.. Pasti anda mencari - cari artikel Kuliner Khas Jogja yah??? Nahh.. berhubung anda ingin atau sedang berkunjung di Jogja, makanya kami informasikan Wisata Kuliner yang Wajib anda kunjungi ketika di Jogja.

Memang Jogja terkenal dengan Kota Gudeg, namun jangan salah sangka dulu yah, kalau di Jogja itu buanyaakk sekali Wisata Kuliner yang dapat anda kunjungi. Termasuk salah satunya adalah Makanan Gudeg yang memang Khas dari Jogja.

Okee... Cekibrott aja deh. Kita langsung menuju Wisata Kuliner Wajib di Jogja, namun kami batasi menjadi 5 Menu Kuliner saja yah. Soalnya biar anda semua gak bingung nantinya. Hehehehe...

5 Wisata Kuliner di Jogja yang wajib anda kunjungi

1. GUDEG JOGJA
Menu Kuliner di Jogja yang Wajib jelas sekali adalah Gudeg, karena ini makanan paling khas dan terkenal di seluruh Indonesia bahkan sampai ke Mancanegara ( keren gak tuh Hehehehe.. ) Jadi bagi anda para wisatawan yang belum pernah merasakan Gudeg ketika di Jogja ini, jelas sekali anda belum mampir ke Kota Gudeg. 

Gudeg terbagi dalam 2 jenis, yaitu Gudeg Basah dan Gudeg Kering. Nahh.. harus anda tahu juga nih. Gudeg basah merupakan makanan khas Jogja yang memiliki Kuah ( makanya disebut basah ). Biasanya dijual ketika pagi hari dan malam hari. Gudeg Basah banyak dijual oleh pedagang kaki lima, biasanya di emperan jalan. 

Sedangkan gudeg kering adalah gudeg yang tidak memiliki kuah. Warna gudeg kering lebih coklat kehitam - hitaman. Rasanya lebih manis dan juga legit, dan biasanya gudeg kering lebih sering untuk buah tangan ( oleh - oleh wisatawan ). Tempat gudeg kering yang terkenal di Jogja adalah Gudeg Yu Djum (  Jl.Wijilan / Mbarek Selokan UGM/Jl.Solo/Jl.Monjali), Gudeg Bu Lies (Jl.Wijilan ), Gudeg Bu Ahmad ( Mbarek Selokan UGM )

2. BRONGKOS
Nahhh.. mungkin makanan ini banyak yang asing di telinga anda. Karena memang tidak banyak yang tahu bahwa Nasi Brongkos ini merupakan Kuliner Khas Jogja. Dan bagi anda yang belum tahu juga, akan kami jelaskan sejelas - jelasnya. Kalau belum tahu juga, silahkan buka Mbah Google aja. Hehehehe...

Brongkos merupakan sayuran yang berisi kacang tolo ( seperti kacang kedelai tapi warna hitam ), tahu, telur berwarna coklat, kulit melinjo, dll. Kuah berwarna coklat kehitaman, rasanya agak manis seperti rawon. Biasanya ada daging sebagai tambahannya.

Tempat Brongkos yang terkenal di Jogja adalah Brongkos Bu Padmo, letaknya di Pasar Tempel Sleman kurang lebih 30 menit dari Kota Jogja menuju ke Magelang. Jadi kalau anda ingin berkunjung ke Candi Borobudur, sebaiknya anda jangan melewatkan Kuliner Khas Jogja ini. Atau bisa juga setelah mengunjungi Candi Borobudur, anda mampir sebentar ke Brongkos Bu Padmo.

3. SOTO JOGJA

Apa bedanya Soto Khas Jogja dengan Soto yang lain??? Jawabannya adalah karena sotonya ada di Jogja. Coba kalau Sotonya ada di Solo, pasti jawabnya Soto Khas Solo. Hehehehe...

Soto Jogja yang terkenal adalah Soto Kadipiro Jl. Wates KM4. Nahh saking terkenalnya, saat ini banyak sekali Papan Nama Soto Kadipiro. Selain Soto Kadipiro, ada juga Soto Pak Sholeh. Terletak di Jalan HOS. Cokroaminoto Jogja. Rasanya khas Jogja banget, agak manis, gurih, terasa rempah - rempahnya. Hmm.. sungguh lezat.

4. BAKMI JAWA
Lhaaa ini dia Makanan Khas dari Jogja selain Gudeg. Bakmi Jawa Khas Jogja memang sudah terkenal juga di Luar. Bakmi Jawa Khas Jogja, biasanya di masak menggunakan Anglo (tempat pembakaran dengan arang). Selain itu juga Bakmi Jawa biasanya kuahnya terlihat lebih keruh ( beda dengan Bakmi Jakarta atau yang lain ). Rasanya gurih dan pada umumnya menggunakan telur bebek.

Yang menjual bakmi jawa sangat banyak di Jogja, namun berdasarkan pengalaman kami ( tim investigasi kuliner Jogja ), Bakmi JAwa yang terkenal dan menjadi rekomendasi anda adalah Bakmi JAwa Mbah Mo. Terletak di Dusun Code Manding Bantul. 

Letaknya Bakmi Mbah Mo memang agak terpencil dan jauh dari Kota Jogja ( kurang lebih 30 menit ). Namun rasanya sungguh berbeda dengan Bakmi Jawa yang lain. Selain itu ada juga Bakmi Jawa Pak Pele. Nahh... Bakmi Jawa yang satu ini letaknya sangat dekat, yaitu di Alun - Alun Utara atau di sebelah Keraton Jogja. Bakmi Jawa yang lain, ada Bakmi Mbah Geno ( Pasar Prawirotaman ), Bakmi Doring ( Utara Jokteng Barat ), Bakmi Jawa Kadin ( Jl. Sultan Agung depan Superindo deket Pakualaman )

5. SATE KLATAK
Sate Klatak saat ini sudah menjadi Wisata Kuliner Asli Jogja dan yang paling Khas dari Jogja selain Gudeg dan juga Bakmi Jawa. Apa itu Sate Klatak??? Nahh.. dari namanya saja anda sudah bingung, pasti rasanya juga pasti bingung kan?? Tenang... kami jelaskan lagi nih apa itu Sate Klatak.

Sate Klatak merupakan Sate Daging Kambing Muda yang sudah diracik sebelumnya, dan yang paling uniknya Sate Klatak ini ditusuk dengan menggunakan Jeruji Besi ( jeruji besi biasa digunakan oleh ban sepeda ). Lhoo.. mengapa pake jeruji?? ini alasannya. Dengan menggunakan jeruji besi, maka tingkat kematangan daging bisa meresap hingga dalam yang dialirkan melalui besi tadi. Makanya daging bisa matang dengan rata.

Berbicara sate klatak di Jogja, memang tak lepas dari awal pembuat sate klatak, yaitu Pak Pong. Sate Klatak Pak Pong terletak di pasar jejeran bantul. Jika anda ingin berkunjung, lebih baik melalui terminal Giwangan lurus ke selatan kurang lebih 1 KM, sampai menemui perempatan lampu merah ( pasar jejeran ). Dari sini anda belok ke kanan, dan 200m anda menemui papan nama Sate Klatak Pak Pong.

Nahh.. setelah anda mengetahui 5 Kuliner Wajib di Jogja, sebaiknya anda rencanakan jadwal tersebut. Namun jika anda tidak mengetahui tempatnya, anda bisa searching melalui GPS atau anda juga bisa melakukan Rental Mobil bersama kami. Atau bisa juga menggunakan Rental Motor

Untuk Rental Motor, biayanya sangat terjangkau, yaitu Rp 50.000,- / 24 jam. Sangat murah kan?? Atau anda bisa menggunakan Rental Mobil Jogja dengan biaya Rp 450rb/12 jam sudah termasuk driver dan bbm. Anda bisa menghubungi kami melalui Call Centre :

TRANSMOJO
Rental Motor - Rental Mobil - Paket Wisata Jogja
Jl. Monjali Gg.Mangga No. 166A Karangjati Sleman
HP : 08122.957.3335  / 0878.3080.6168
Pin BB : 314C893C


Load disqus comments

0 komentar